Tatto Pertama?

Saya punya banyak teman yg menyukai seni tato tubuh.. Ditubuhnya banyak dirajam tato tato yg keren.

Tapi yg unik, bagi saya setiap tatonya dipilih secara 'berkelas, kebanyakan diambil dari simbol2 etnis dan budaya terutama Indonesia..


Ketika saya tanya "Apa tak takut dianggap aneh dengan banyak tato?"..
Dia hanya tertawa dan bilang :"Itukan masyarakat kita saja banyak yg ndablek pola pikirnya"..
Nah loh??
Kemudian memaparkan sebuah penjelasan yg bagi saya sangat bermakna..
Katanya :"Kebanyakan, bro.. Orang Indonesia ini sudah punya norma dalam kehidupan sehari-hari, terpengaruh agama dan kebudayaan baru, sehingga mereka berpikir bahwa tato bukan produk Indonesia..
Sadar tidak kalau kita sudah terasing dengan tradisi sendiri? apa yang kita miliki itu sudah bukan punya kita lagi..


Jadi, itulah yang dialami dengan tato..
Yang ada di benak kebanyakan orang, tato identik dengan penyanyi rock Amerika atau di Inggris dan pergaulan dunia barat..
Kalau kita lihat dalam tradisi Nusantara, tato sudah mengakar dan muncul jauh sebelum ada tato kontemporer yang dikenal saat ini..
Seperti yang ada di Mentawai, Dayak, Belu, dan juga Papua..
Contoh, tato bagi suku Mentawai adalah prosesi hidup mereka menjadi manusia.. Kalau dalam antropologi, istilahnya ritual menjalani kehidupan agar kita menjadi manusia..
Inilah yang membedakan maknanya dengan tato yang sekarang ini..
Nah, kebanyakan anak2 muda dan generasi sekarang mengukir tato ditubuhnya hanya utk 'show off' dan hebat2an..
Dipikir mereka kalau sudah bertato itu lebih jantan dan seksi..
Padahal kalau ditanya gambar tato itu dari mana? Atau simbol apa dengan makna apa? Hanya bisa menjelaskan secara polos..
Milih gambar yg penting sangar, rame, kelihatan menarik tapi tanpa tahu seni esensi ber-tato..
'Cuiihh.. Kacau kan, bro.. Pola pikir macam apa itu.."

lalu Sejenak saya diam dan kagum..
Tak salah saya memilihnya menjadi teman sekaligus mentor seni saya..
Dan dikepala ini pun semakin tertarik utk mempelajarai dan memilah simbol2 baik yg akan dijadikan tato perdana ditubuh ini nanti..tapi masalahnya..apa pantas saya ini pake tato ?
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar